SORSEL BERSATU

partai hanura sorong selatan

baca

PARTAI HANURA KABUPATEN SORONG SELATAN

KILAS  BALIK PARTAI HANURA
 KABUPATEN SORONG SELATAN






Partai HANURA Bukanlah PARTAI Baru Yang Bercokol Dalam Percaturan Politik Secara Nasional Sejak Era Reformasi. Sejak Agenda Reformasi Di Gelorakan Secara Nasional Oleh Mahasiswa Pada Tahun 1998. Era Tersebut Dikenal Sebagai Era Reformasi, Sebuah Era Yang ditandai dengan banyaknya perubahan politik yang mewujud dalam bentuk demokratisasi dalam banyak lini kehidupan politik. Dengan memperhatikan kondisi lingkungan global, regional dan nasional serta kinerja pemerintahan RI selama ini, mengisyaratkan bahwa sejatinya Indonesia belum berhasil mewujudkan apa yang diamanatkan UUD 1945. Dari kondisi inilah tokoh Nasional Bpk. Jendral Purnawirawan TNI Haji Wiranto,SH bersama tokoh nasional lainnya  Yus Usman Sumanegara dan Marwah Daud Ibrahim, mendirikan sebuah wadah  organisasi kemasyarakatan yang bernama  PERHIMPUNAN KEBANGSAAN (Ormas PK) yang Dideklarasikan Pada 20 September 2005. Ormas ini disebut-sebut Cikal Bakal atau atau Embrio dari Partai HANURA. Dari ormas ini berubah menjadi organisasi politik yang diberi nama Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA).  Hanura di dirikan oleh tokoh nasional Jendral Purnawirawan TNI Haji Wiranto,SH  bersama sejumlah tokoh Nasional lainnya di Jakarta Pada Tahun 2006 dan dilakukan Pendeklarasiannya pada tanggal 21 Desember 2006 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta  di Jakarta dengan motonya: “Saatnya Hati Nurani Bicara
 dan  5 Azas, Ciri, dan Nilai Dasar Perjuangan Partai HANURA.
  1. Ketakwaan; dalam gerak langkahnya senantiasa mendasarkan pada nilai etika dan moralitas atas dasar Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemandirian; pribadi yang bermartabat dengan mengutamakan sumber daya manusia dan sumber daya alam untuk keunggulan bangsa, tanpa harus bergantung pada pihak lain dan terbebas dari intervensi pihak asing.
  3. Kebersamaan; selalu menjalin keharmonisan dari keberagaman etnis, suku, agama, bahasa, dan adat istiadat.
  4. Kerakyatan; peka dan tanggap terhadap aspirasi, tuntutan, kondisi, dan harapan rakyat serta konsisten dalam memperjuangkannya.
  5. Kesederhanaan; selalu mengedepankan sikap dan perilaku yang bersahaja.
. Pada  acara tersebut dihadiri tokoh-tokoh penting, di antaranya adalah mantan presiden Abdurrahman Wahid, Mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, Mantan Ketua DPR Akbar Tandjung, Mantan Kepala staf tni angkatan Darat Ryamizard Ryacudu, mantan Menko Ekuin Kwik Kian Gie, serta tokoh senior Partai Golkar Suhardiman dan Oetojo Oesman dan Juga ketua Umum PKS Tifatul Sembiring, dan salah satu pendiri Partai Demokrat, Rmh. Heroe Syswanto Ns.
 Setelah Resmi Menjadi Partai Politik, Hanura mulai melebarkan sayap ke Pelosok Negeri Nusantara Termasuk kita di Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Sorong Selatan.
Partai HANURA Berdiri dan diterbentuk kepengurusannya di Kabupaten Sorong Selatan Pada Tahun 2007 dengan sebutan Nama Dewan Pimpinan Cabang  ( DPC ) Partai HANURA  Kabupaten Sorong Selatan dibawa Kepemimpinan Bapak Jhon Asmuruf .P. SP.M.SI sebagai Ketua pada Tahun 2007 sampai dengan Tahun 2009.

Dikabupaten Sorong Selatan,Partai HANURA untuk pertama kalinya terdaftar sebagai Partai Politik Peserta Pemilu Legeslatif di Kabupaten Sorong Selatan pada Pemilu Tahun 2009 dan telah berhasil mendapatkan kepercayaan Rakyat dengan memperoleh 4  kursi di Legeslatif dengan pembagian 2 kursi bergeser ke Kabupaten pemekaran Maybrat  dan 2 kursi di Kabupaten Sorong Selatan .

Pada Pemilihan Umum Legeslatif Tahun 2009, Bapak Jhon. P .Asmuruf SP.M.SI terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Maybrat . Maka untuk mengisi kekosongan Tugas Jabatan Ketua DPC Partai HANURA Kabupaten Sorong Selatan. Diterbitkannya  Surat Keputusan Dewan Pimpinan Daerah DPD Partai HANURA Provinsi Papua Barat  Nomor: Skep / 12 /DPD-HANURA/2009.Tentang Penunjukan Pelaksana Tugas Jabatan  Ketua DPC Partai HANURA Kabupaten Sorong Selatan Bapak Arens Howay sebagai Pelaksana Tugas Ketua pada Tahun 2009 sampai denganTahun 2012 .

Pada Tahun 2012 Dewan Pimpinan Daerah ( DPD ) Partai HANURA Provinsi Papua Barat .Telah menerbitkan  Surat Keputusan Nomor: Skep / 032 / DPD-HANURA /PB / 2012 . Tentang pengakatang Pelaksana Tugas Jabatan Ketua DPC Partai HANURA Kabupaten Sorong Selatan. Bapak Jhoni Boltal sebagai Ketua DPC Tahun 2012  sampai dengan Tahun 2014

Pada Tahun 2014 Dewan Pimpinan daerah ( DPD ) Partai HANURA Provinsi Papua Barat .Telah menerbitkan  Surat Keputusan Nomor: Skep / 031/ DPD-HANURA/ PB / VII/ 2015 tentang susunan Personalia DPC Partai HANURA Kabupaten Sorong Selatan Masa Bakti 2010-2015 Bapak Marthen Baho.SH  sebagai Ketua DPC dan Benyamin Krimadi,S.IP sebagai Sekretaris. Tugas utama dari Kepengurusan DPC ini adalah hanya satu yakni Melaksanakan Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke -II telah yang dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2017. Pada MUSCAB ini 15 Pengurus Cabang (PAC) selaku Pemilik Hak Suara dengan Aklamasi Memilih Bpk. Drs. Martinus Salamuk yang juga adalah Wakil Bupati Sorong Selatan sebagai Ketua DPC untuk Priode 2015-2020 yang sebentar soreh ini akan dilantik Komposisi Struktur Kepengurusan oleh Ketua DPD HANURA Provinsi Papua Barat atas Nama Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HANURA dengan Surat Keputusan (SK) DPP HAANURA Nomor:  Skep / 063 / DPP-HANURA/ IX / 2017. Tentang susunan Pengurus  DPC Partai HANURA Kabupaten Sorong Selatan Masa Bakti 2015-2020.


Pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Sorong Selatan Tahun 2010 DPC Partai HANURA Kabupaten Sorong Selatan sebagai Partai pertama yang telah memberikan Rekomendasi Kepada Drs.Otto Ihalauw Dan Samsudin Anggiluli.SE untuk maju sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati  dan telah berhasil mendapatkan kepercayaan Masyarakat  dan berhasil sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Sorong Selatan Periade 2010-2015

Pada Pemilihan umum kepala daerah kabupaten sorong selatan Tahun 2015, DPC Partai HANURA kabupaten sorong Selatan juga sebagai partai pertama yang telah memberikan rekomendasi kepada bupati  Samsudin Anggiluli.SE dan Drs.Martinus Salamuk  untuk maju sebagai Calon Bupati Dan Wakil Bupati kabupaten Sorong Selatan Periode 2015-2020 dan mendapatkan kepercayaan masyarakat   terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sorong Selatan Periade 2015-2020

Partai HANURA sebagai partai yang terbuka, Nasionalis,  Kepada Masyarakat Republik Indonesia dari Sabang sampai Merauke pada umumnya dan pada Khususnya Masyarakat di Kabupaten Sorong Selatan  khusunya yang berdiam di 15 Distrik , 210 Kampung  dan 2 Kelurahan Diwilayah  Kabupaten Sorong Selatan.

Partai HANURA kabupaten sorong selatan sebagai partai pengusun Bupati dan Wakil Bupati terpilih Periode 2015-2020.Partai HANURA tetap konsisten untuk mengawal kebijakan  Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan demi Kesejahtraan Masyarakat

Demikian pembacaan kilas balik sejarah berdirinya Partai HANURA di Kabupaten Sorong Selatan yang telah banyak memberikan kontribusi keberhasilan bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sorong Selatan. Besar harapan kami agar Partai HANURA tetap mendapat dukungan kepercayaan Masyarakat  dan Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan.

HANURA.....Takan Khianat……Hidup Mati Bersama Rakyat Kabupaten Sorong Selatan.
HANURA…….. BANGKIT !!
HANURA………… JAYA !!
HANURA……. MENANG

Teminabuan Tanggal 03 Desember 2017
 Dewan Pimpinan Cabang Partai Hati Nurani Rakyat Kabupaten Sorong Selata

Posting Komentar

0 Komentar