SORSEL BERSATU

PARTAI HANURA PAPUA BARAT

baca
PARTAI HANURA PAPUA BARAT


TEMINABUAN- Proses rekrutmen politik dilakukan oleh seluruh partai politik yang mengikuti pemilu 2019 dengan memperhatikan keadaan calon anggota partai politik yang ingin direkrut dengan cara yang transparan, objektif dan demokratis serta tidak terikat dengan kepentingan salah satu pihak. Tujuannya adalah agar dalam proses rekrutmen ini, akan terpilih nantinya kader partai yang kompeten dan siap bertanggung jawab terhadap jabatan dan kekuasaan yang dimilikinya. Kader partai politik berperan penting dalam menjaga partai politik dan menaunginya, untuk itu peran partai politik dalam mencari kader yang demikian sangat vital. Rekrutmen politik setiap partai politik memiliki pola rekrutmen yang berbeda.

Pola perekrutan anggota partai disesuaikan dengan sistem politik yang dianutnya. Di Indonesia, perekrutan politik berlangsung melalui pemilu setelah setiap calon peserta yang diusulkan oleh partainya diseleksi secara ketat oleh suatu badan resmi. Seleksi ini dimulai dari seleksi administratif, penelitian khusus (litsus) yaitu menyangkut kesetiaan pada ideologi negara. Dalam perekrutan politik anggota kelompok yang direkrut adalah yang memiliki suatu kemampuan atau bakat yang sangat dibutuhkan untuk suatu jabatan politik. Setiap partai juga memiliki pola rekrutmen yang berbeda

Sebagai salah satu partai politik peserta pemilu 2019, Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) juga melakukan proses rekrutmen politik. Sebagai salah satu partai politik yang cukup dikenal dalam kancah perpolitikan Indonesia, Partai HANURA terus berusaha menjaga keberlangsungan partai yang dianggap sebagai salah satu partai yang bersih dari korupsi.

Berdasarkan hal tersebut, Partai HANURA menyadari betul pentingnya proses rekrutmen yang betul-betul berjalan dengan memperhatikan kepentingan bersama. Pada pemilihan umum tahun 2019. Partai Hanura menjadi peserta pemilu dengan memegang nomor urut 13 (Tiga belas ).
Rekrutmen terbuka, di mana syarat dan prosedur untuk menampilkan seseorang tokoh dapat diketahui secara luas. Dalam hal ini partai politik berfungsi sebagai alat bagi elit politik yang berkualitas untuk mendapatkan dukungan masyarakat.. Dengan demikian mengontrol legitimasi politik para elit. Adapun manfaat yang diharapkan dari rekrutmen terbuka adalah:

a. Mekanismenya demokratis
b. Tingkat kompetensi politiknya sangat tinggi dan masyarakat akan mampu memilih     pemimpin yang benar-benar mereka kehendaki
c. Akuntabilitas pemimpin tinggi

d. Melahirkan sejumlah pemimpin yang demokratis dan mempunyai nilai integritas pribadi yang baik. (CS)
HANURA…….. BANGKIT !!
HANURA………… JAYA !!
HANURA……. ..MENANG !!

Posting Komentar

0 Komentar