SORSEL BERSATU

koruptor-bandar narkoba-kejahatan seksual terhadap anak dilarang caleg PKPU Nomor 20 Tahun 2018

baca

KPU telah memiliki Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018, 30 Juni 2018 yang lalu pencalonan anggota parlemen. Yang salah satu isinya adalah mantan terpidana korupsi atau koruptor menjadi calon anggota legislatif pada pemilihan serentak 2019.

Ketentuan mengenai koruptor menjadi caleg di Pemilu 2019 Penyelesaian dalam pasal 7 tentang Persyaratan Bakal Calon. Selain mantan koruptor, mantan terpidana bandar narkoba dan gangguan seksual juga dilarang nyaleg.

PKPU Nomor 20 Tahun 2018 pasal 7 ayat 1 huruf h menyebut caleg "tidak mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi".

Pada huruf g pasal dan ayat yang sama juga yang disebut caleg "tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan yang telah menemukan kekuatan yang tetap diaman dengan pidanan penjara 5 (lima) tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap".

KPU memperbolehkan terpidana kasus lain menjadi calon anggota legislatif, asalkan pengakuan kepada publik sebagai mantan terpidana.