SORSEL BERSATU

20 kursi alokasi empat dapil pemilu 2019 sorsel

baca


TEMINABUAN | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) menggelar Rapat Koordinasi Penataan Daerah Pemilihan dan Simulasi Penghitungan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Sorong Selatan Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Marthen Luther Teminabuan,  Kamis (18/01) berlangsung lancar dan sukses dihadiri Bupati Kabupaten Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE, didampingi 5 Komisioner KPU Sorong Selatan diantaranya,

Ketua KPU Sorong Selatan, Luksen Thesia, SE, Divisi Teknis, Monika M Momot, S.Sos, Divisi Program dan Data, Nahum Krimadi, SSi, Divisi Hukum, Dominggus Tabakore, Divisi Bidang Umum dan Logistik, Serta H. Abdullah, Divisi SDM. dan Humas.

Selain itu turut hadir pula Ketua Panwaslu Kabupaten Sorsel Joas Saflembolo, SH, Kepala Kesbang Pol Kab Sorsel Edit D Tamaela, SP, Tokoh Masyarakat Dominggus Aifufu, Karel Wugaje ,Dance Blekadit serta utusan dari 16 partai yang ada dikabupaten Sorsel.

Ketua KPU Sorong Selatan Luksen Thesia mengatakan pemilu pada tahun 2019 mendatang terdiri dari 5 segmen yaitu  pemilihan DPRD Kabupaten Sorsel, DPRD Provinsi Papua Barat ,Pemilihan DPR RI, Pemilihan DPD dan Pemilihan Presiden RI

Dengan kegiatan ini pihaknya akan melakukan pengusulan Daerah Pemilihan (Dapil) serta penentuan alokasi kursi bagi  anggota yang ada yang akan  disesuaikan  dengan data kependudukaan dari Kependudukan dan Catatan Sipil Pusat.

Hasil yang disepakati pada hari ini bukanlah hasil final  namun keputusan ini akan diusulkan ke Provinsi dan akan ditetapkan kemudian.

Untuk itu dijelaskan pula menunjang  proses ini pihaknya secara proporsional akan  menggunakan Aplikasi Sidapil (Sistem Daerah Pemilihan) berdasarkan jumlah penduduk kabupaten Sorong Selatan yang saat ini mencapai 57.676.000  jiwa yang tersebar di 121 kampung dan 2 kelurahan. 

"Secara proporsional kami akan melakukan perhitungan dengan cara"  Total suara dibagi jumlah kursi yang ada," jelasnya
KPU kabupaten/kota diminta untuk melakukan pembagian Daerah Pemilihan (Dapil) serta penentuan alokasi kursi  anggota yang ada, yang akan  disesuaikan dengan data kependudukaan dari Kependudukan dan Catatan Sipil Pusat.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli, SE, dalam sambutanya meminta agar masyarakat Sorong Selatan siap mendukung proses pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang. 

Bupati meminta agar KPU dapat bekerja secara Profesional sehingga pemilu mendatang dapat berjalan baik.
"Kami Sebagai Pemerintah Daerah  siap mendukung pelaksanaan pemilu tahun 2019 mendatang," ungkap bupati.

Dirinya berharap pengurus partai dan masyarakat hendaknya menjaga kamtibmas sehingga siapapun yang terpilih nantinya  semua komponen yang ada siap menerima hasil pemilihan ini nantinya.

"Terimah kasih saya sampaikan juga kepada KPU yang telah melaksanakan Pilkada beberapa waktu yang lalu sehingga dapat berjalan sukses dan lancar," ungkapnya.

Dalam rakor ini ditetapan 2 opsi sementara yang akan si usulkan ketingkat privinsi papua barat yaitu opsi pertama  Dapil 1 terdiri  dari Distrik Seremuk, Distrik Saifi, Distrik Sawiat, Distrik Salkma, dan Distrik Fkour dengan alokasi kursi sebanyak 3 kursi.

Dapil 2 terdiri dari Distrik Teminabuan dengan alokasi kursi sebayak 8 kursi
Dapil 3 terdiri dari Distrik Wayer, Distrik Moswaren, Distrik Konda, serta Distrik Kais Darat dengan alokasi sebanyak 3 kursi.
Sementara Dapil 4 terdiri dari Distrik Kais,Distrik Metemani, Distrik Inanwatan, Distrik Kokoda, Distrik Kokoda Utara dengan alokasi kursi sebanyak 6 kursi
Untuk opsi kedua Dapil 1 terdiri  dari Distrik Seremuk Distrik Saifi, Distrik Sawiat, Distrik Salkma, Distrik Fkour dengan alokasi kursi 3 kursi

Dapil 2 terdiri dari Distrik Teminabuan dengan alokasi kursi sebayak 8 kursi
Dapil 3 terdiri dari Distrik Wayer,Distrik Moswaren,Distrik Konda,dan Distrik Kais Darat sebanyak 3 kursi.
Untuk Dapil 4 terdiri dari Distrik Kais, Distrik Metemani, dan Distrik Inanwatan, sebanyak 3 kursi. Sementara Dapil 5 Distrik Kokoda, dan Distrik Kokoda Utara dengan alokasi kursi sebanyak 3 kursi.