SORSEL BERSATU

Sistem Informasi Pencalonan (silon)

baca


TEMINABUAN-Calon anggota legislatif Pemilu 2019 mendaftarkan diri melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Sebagaimana dimasukan dalam draf PKPU pencalonan.

Silon dimaksudkan untuk mempermudah pengecekan adanya kegandaan data. Jadi caleg hanya boleh mendaftarkan diri di satu daerah dan melalui satu partai politik peserta pemilu.

KPU tidak melakukannya pemeriksaan secara manual karenanya KPU membangun sistem informasi pencalonan untuk mendeteksi kegandaan data caleg. Satu kandidat itu hanya boleh berkompetisi di satu lembaga perwakilan di satu daerah pilihandan satu partai politik peserta pemilu.

Melalui Silon masyarakat mendapatkan informasi terkait data caleg yang akan dipilih. Salah satu data yang akan ditampilkan dalam Silon yaitu foto, pengalaman organisasi, hingga riwayat pendidikan. KPU akan mencocokan data yang diisi dalam Silon dan dokumen yang diserahkan langsung ke KPU

Draf PKPU Tahun 2018 Pasal 11 ayat 3 dan 4 Tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Dan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, yang berisi:

Proses memasukkan data dan mengunggah dokumen sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dapat dilakukan mulai 30 (tiga puluh) Hari sebelum masa pengajuan bakal calon sampai dengan hari terakhir masa pengajuan bakal calon. CS