SORSEL BERSATU

Saksi dari setiap Parpol diharuskan membawa surat mandat

baca


TEMINABUAN- Saksi dari setiap Parpol diharuskan membawa surat mandat dari Parpol atau tim kampanye, untuk mengikuti proses pengambilan dan perhitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS), Selasa (17/4/2019).

Rabu (17/4/2019) TPS dibuka dari pukul 07:00 sampai pukul 13:00 WIB. Setelah itu kemudian dilakukan tahapan perhitungan suara di masing-masing TPS.

Sementara persoalan krusial yang perlu diketahui semua pihak, setiap Parpol dibolehkan menempatkan dua orang saksi di TPS. Pada prosesnya dua orang saksi ini bergantian dalam melakukan tugasnya. "Bila saksi A lelah maka digantikan saksi B, bergantian. Dan, yang terpenting harus membawa surat mandat dari Parpol atau tim Sukses,".

Kemudian, lanjutnya, berkenaan dengan Form C1 yang asli akan dimasukan ke dalam kotak suara. Form C1 ini memiliki hologram sebagai bukti keasliannya. Sedangkan para saksi  diberikan salinannya dengan dibubuhi cap dan tanda tangan basah KPPS. Sebelum dimasukan ke dalam kotak, para saksi dan pengawas akan ditunjukan dulu form yang asli/foto copy.

"Salinan akan diberikan pada hari itu juga setelah ditunjukan form yang asli " Disamping itu hasil perhitungan suara akan langsung di upload. Sehingga dengan demikian sangat tipis sekali kemungkinan terjadi kecurangan.CS